Share of Mine

Inilah Foto Perpustakaan Terkecil di Dunia - Sebuah kotak telepon umum tradisional Inggris yang berwarna merah berhasil diubah menjadi perpustaan terkecil di Inggris dengan koleksi sekitar 100 buku, CD, dan DVD.

Perpustakaan Terkecil di Dunia


Warga kampung Westbury-sub-Mendip di Somerset, Inggris Barat, bisa menggunakan perpustakaan itu kapan saja dan memilih koleksi yang diinginkan.

Para pengguna juga menambah koleksi dengan buku, DVD, atau CD yang sudah mereka gunakan untuk ditukar dengan yang belum mereka baca, dengar, atau tonton.

"Benar-benar berjalan. Buku-buku bertukar secara konstan," kata Bob Dolby, pemimpin paroki di wilayah itu

Dia menambahkan perpustakaan kecil itu kini sudah penuh dengan buku dan siapapun bisa menggunakannya secara gratis selama 24 jam.

"Fasilitas itu sudah berubah menjadi perabotan jalanan dan layanan komunitas yang digunakan secara teratur."
Ide perpustakaan kecil ini muncul dari seorang penduduk setelah kampung itu tidak lagi memiliki kotak telepon umum tradisional berwarna merah dan secara bersamaan layanan perpustakaan keliling dengan mobil juga dihentikan.

Dewan paroki Westbury-sub Mendip kemudian membeli kotak telepon dari British Telecommunication seharga £ 1.

Sejauh ini BT sudah menerima permintaan 770 kotak telepon untuk disesuaikan dengan pengunaan tertentu dan sudah 350 kotak telepon yang diserahkan ke dewan kota.

Kotak telepon tradisonal berwarna merah -yang pada masa lalu menjadi ikon Inggris- kini sudah banyak diubah menjadi seni instalasi, kamar mandi, dan toilet umum.

Categories:

One Response so far.

  1. Faril says:

    koleksi yang dimiliki perpustakaan itu akan selalu baru karena pembaca dapat menukarkan buku yang mereka miliki..dengan begitu,,koleksi buku yang tersedia akan selalu berubah..
    kalo layanan seperti ini ada di Indonesia,,pasti bukannya koleksi buku selalu fresh,tapi malah banyak yang hilang..hoho

Leave a Reply