Share of Mine

http://www.who-is-erin-smith.com/wp-content/uploads/2010/04/blogger-vs-wordpress1.jpg


Pada postingan sebelumnya,saya sudah membahas tentang website penyedia layanan blog gratis.Kali ini kita bahas DUA yang inti atau yang paling banyak digunakan di dunia internet.Banyak orang berlomba atau sekedar mencoba untuk membikin blog menggunakan situs ini. Mereka berdua mengalahkan situs-situs saingan lainya yang memberikan tumpangan blog pada sub domain mereka seperti multiply dan drupal. Yang akan diulas di sini adalah perbandingan yang diberikan oleh blogpsot.com dan wordpress.com dalam memberikan fitur yang menjadi standar atau default kepada mereka yang menjadi member di subdomain mereka. Urutan perbandingan tidak mengambarkan prioritas dan kronologis
  1. Layout widget atau page element pada blogspot lebih deskriptif yang menggambarkan susunan sebenarnya, pada wordpress sederhana saja
  2. Pada blogspot kamu bisa memilih dan mengganti template sesuka hati baik template yang disediakan ataupun upload dari luar sementara wordpress hanya bisa memilih template dari template yang disediakan saja.
  3. WordPress lebih gampang dalam hal memberikan komentar karena hanya memerlukan satu klik saja, blogspot agak ribet setidaknya ada 2 kali klik
  4. Blog pada blogspot dapat dijadikan ladang bisnis dengan penempatan iklan tidak terbatas dari mana saja, sementara wordpress sulit dikomersilkan terutama karena larangan memasang iklan dari google adsense
  5. Wordpress lebih cocok sebagai blog komunitas atau yang sejenis karena lebih user friendly
  6. WordPress memberikan plugin bawaan Askimet yang bisa menjaring comment spam secara otomatis, sementara blogpsot moderasi komentar dilakukan manual oleh blogger.
  7. Postingan pada blogspot dapat dikirim lewat email
  8. Blog pada blogspot lebih cepat di-index oleh mesin pencari khususnya Google dan biasanya cepat berada pada urutan teratas hasil pencarian
  9. Blogspot berada di bawah naungan raksasa internet dunia Google, Inc sehingga dirasakan lebih aman dan memiliki nilai lebih daripada wordpress
  10. Blogspot dapat menerima berbagai macam widget atau plugin dengan penempatan yang mudah seperti video dari Youtube, slideshow, polling, dan script-script HTML/javascript lainnya
  11. WordPress memberikan fitur statistik internal walau dirasa kurang memadai
  12. WordPress mengeluarkan versi CMS nya secara gratis sehingga bisa dipakai untuk blog atau situs dengan domain sendiri, sementara blogspot belum
  13. Wordpress dapat mengimport postingan yang ada pada Blogger / Blogspot sebaliknya Blogger tidak bisa mengimport postingan yang ada pada Wordpress.
  14. Wordpress menyediakan form komentar yang user friendly sedangkan Blogger agak ribet untuk memberikan sebuah komentar, tapi jika Anda bisa mensettingnya tentu saja bisa user friendly
  15. Blogger menyediakan menu Drag Drop yang mudah untuk di gunakan, sedangkan Wordpress sulit Drag Drop edit element halaman.
  16. Blogger support Google Adsense yang mudah untuk kita gunakan pada Edit elemat halaman, sedangkan Wordpress tidak mensupport Google Andsense, meskipun banyak yang menyediakan plugin google Adnsense 
  17. Wordpress lebih unggul dalam kasus menanggulangi spam karena telah di lengkapi dengan plugin anti spam, Sedangkan Blogger dapat di lakukan dengan moderation order dari commenting systemnya.
Nah,itu tadi sedikit perbedaan diantara keduanya yang saya ambil dari beberapa sumber.
Semoga bermanfaat

sumber1
sumber2

    Categories: , ,

    84 Responses so far.

    1. Hmm ..
      pertamax nech ..
      kalo bagi ane ya sob..
      mendingan dari Blogger.com.
      karna, lebih efektif sob.
      1 lagi tambahan sob, pada wordpress kalau kita membuat postingan itu agak ribet sob. sedangkan blogger kren dan praktis sobb..

    2. Untuk wordpress.com memang kebanyakan fiturnya disunat. Mungkin tujuannya supaya banyak yang pakai CMS Wordpress daripada wordpress.com

    3. maaf sobat, saya mau koreksi sedikit boleh?
      masalah form komentar sobat, lama bgt munculnya :)

      untuk penanganan nya silahkan klik link ini http://chenkgelate.blogspot.com/2011/07/mempercepat-loading-form-komentar.html
      mohon maaf kalo saya lancang :)

    4. mantap sob..baru tau aku hehehe

    5. saya kok lebih suka blogger ya mungkin karena simple tampilannya. walaupun wordpress banyak plugin yang menguntungkan

    6. @rangga:thanks ya sob dah komen sama cara ngatasinnya.saya coba deh nanti

    7. hoho mantap gan, saya tetap pilih blogcepot gan hihih

    8. Doodeyz says:

      yang jelas saya tetep suka blogger lah gan, wordpress agak susah ! :), keep posting ya gan !! ;)

    9. Mending Blogspot yh gan ??

    10. Aby says:

      Sayaa pilih Blogspot....

    11. ..kalo saia mah tetep pilih [dot] com .... hehehe :-D

    12. Arif says:

      wihh,.,mantepp ini

    13. Maz Evan says:

      Wah... semua ada kurang n lebihnya . . . .
      pilih sesuai kemampuan aja lah, kalo bisa blogspot ya pke blogspot, kalo bisa WP ya pake WP, kalo bisa keduanya bikin aja keduanya, tp kalo nggk bisa semuanya, ya BELAJAR donk. . . .
      Ya nggk sob??? hehe ^_^

    14. 22nya bagus :D hehe.. tapi sementara ini lebih unggul WP :) WP self host lho, bukan wp.com (gratisan) :D

    15. bopfive5 says:

      wah saya suka blog ger, kt kan maw ngeblog,y blgogger dong

    16. TituitBom says:

      yang jelas, blogger menurut saya lebih mantaff..

    17. saya setia sama blogspot aja sob

    18. jadi bingung nih... sy pilih yang mana yaa ?......koq rasanya smuanya bagus ...hehehe.... salam kang Adri...

    19. @Adrian Rivaldy: wah sudah di cobak ya sob tutorialnya? udah kencang nih sob Form komentarnya ..
      awalnya saya jugak lambat sob seperti kamu tadi. tapi saya cobak cari" akhirnyna jumpa jgk. dan sekarang udah cpat sejak saya pakai itu sob ..
      Selamat sob. ow ya tukaran link yok sob. link sobat sudah terpasang di blog awak Chenkgelate dan Follow nya sukses Sob :)

    20. Rezki Ji says:

      pilihanku pux om google aja yaitu Blogger.com

    21. udah pernah buat wordpress tapi begitu masuk, beda banget ama blogspot, ya jadi kgk di terusin,, wkwkkw

    22. sungsam says:

      blogspot donkkkkkkk

    23. dirgaring says:

      enakan pake blogger sob,, wordpress emang bagus tapi ribet :D

    24. Saya pengguna blogspot. Namun ada satu hal dalam wordpres yang membuat Saya terkesan, yaitu kemampuannya dalam mengupload file word atau yang lainnya. Katanya sih begitu, sebenarnya Saya juga ingin sekali-kali memiliki akun wordpress, tapi sekarang Saya sedang tidak punya mood.

    25. punya juga akun di Wp tapi sekarang sedang mood diBlogsspot...hehehehe


      *blogspo #1

    26. nC says:

      setuju gan :) ane pernah buat blog wordpress tp udah gak diurus,, ribet,, hehe
      I love Blogger

    27. Skyu says:

      Saya Pilih Website.. hehe.. ^_^ Salam Kenal mas Bro..

    28. bagollum says:

      Sementara ini bertahan dulu di blogger,
      tp tidak menutup kemungkinan kedepannya saya bakal menggunakan WP,
      ^_^

    29. alhamdullilah ane punya keduanya . . . NICE POST kawan

    30. Hajsmy says:

      ane pilih blogspot gan.. :D

    31. Senbe Satria says:

      ane jg blogspot gan....:D

    32. Saya setia pada Blogger....

    33. saya setia pada blogger...

    34. Oemar says:

      kalo antara blogspot dan wordpress.com
      saya pilih blogspot. tapi saya lebih suka wordpress.org di banding blogspot. WP yang di hosting di web hosting. karena banyak plugins dan fitur yang membuat weblognya menjadi dinamis.

      salam kenal sob...

    35. rino says:

      nice info gan :)

    36. mampir gan..!!

      kalau saya sih sebenarnya pilih blogspot..!!
      mengapa ? karena ituhlah fiturnya mudah di pakai.

      saya juga sebenarnya kepingin menggunakan Wordpress, tapi belom ada dana!
      hehe
      tetap deh no.1 BLOGGER gan...!!

      th'x yah..

    37. wah... thx infonya ya... tapi kalau aku mending milih blogspot, gk tau kenapa... mungkin karena memang aku blognya pakai domain blogspot, hehehe..
      jgn lupa visit blog ku ya...
      Tempat Berbagi Tips, Trik Berita dan Cheat

    38. jeon says:

      datang memenuhi undangan... keren artikelx kk...
      thanks atas kunjungan n commentx y.. tetap jaya kk,, :)

      http://www.i-movies4all.co.tv

    39. weeh kren nih blog...

    40. YOEDHA says:

      tetep BLOGSPOT lah gan..
      lebih aman..
      cz WP gmpang d'deface..
      hehehehe..

    41. Saya belum pernah bercinta dengan Wordpress,kayanya menarik juga untuk dikenal,tapi untuk sementara saya setia dulu di blogspot.Tidak menutup kemungkinan kalau kedepan bisa selingkuh.Nice post GAn,happy blogging!

    42. Jeng says:

      hmm . klo saya lebih suka blogger soalnya lebih gampang penggunaannya .
      tapi kita bebas memilih apa yang kita suka .
      yang pernting semangat Blogwalking .
      AYE !

    43. "Mau dapat uang cuma dengan klik, GRATIS sob, gabung disini !!!! "

    44. Tidak akan mendua lagi Gan dari blogger.
      Blogger selalu yang terbaik. soal ya sudah 4 tahun saya nge-blog d'blogspot, belum pernah ada gangguan yang menjengkelkan.

    45. COF says:

      Pilihan saya tetap blogspotnya mas google, thanks atas artikelnya.

    46. nurcahya says:

      Mas Andrian untuk point 2 itu kalau menggunakan WordPress.com, namun kalau menggunakan WordPress.org bisa menggunakan Themes dari pihak ke III dengan jalan upload Themes lewat Cpanel, contohnya blog saya http://nurcahyaku2.co.cc yang sekarang ini jarang saya upgrade sehubungan masih di bercerai dengan mbah google :) :)

    47. info yang bermanfaat..salam
      http://hariyantowijoyo.blogspot.com

    48. M Taufik says:

      ok, sobat kunjungan balasan

    49. Masih enakan pakai blogger deh.

    50. saya pilih blogspot donk, yang punya google supaya gampang terindex google

    51. jeon says:

      comment balasan...
      saya beralih k blogspot ni.. nice artikel..

      keren kk blogx.. rame.. nice.. lanjutkan :)

    52. Noochii says:

      nice posting sob,.. saya sendiri lebih suka menggunakan blog, selain gampang. blog juga cepat terindex oleh google.. :)

    53. Shear says:

      Ane uda nyoba semua gan, tergantung kebutuhan aja, hehehehehe
      Kalo buat jualan mending pake wordpress, cepet rame pengunjungnya
      Kalo pengen masang2 iklan mending di blogspot aja

    54. nice blog
      salam kenal bro

    55. success says:

      nice blog
      salam blogger

    56. gettop says:

      salam kenal sobat

    57. EX-DOT says:

      emank kalau masalah design masih menang wordpress cocok buat bisnis, tapi bingung juga mau ngedesign, maklum newbie,, hhe

      tapi tetep ane lebih suka pake blogger,, hhe

    58. Kadoel says:

      Kalau ane lebih memilih blogger Sob... sudah terlanjur nyaman.. :D

    59. denadio says:

      nice info gan...nice content... harus banyak belajar neh dari om :)

    60. jelas milih blogspot donk, gak ada tandingannya..!

    61. Aa says:

      Tergantung sih, suka-suka aja pakai yang mana. Kalau saya senengnya Wordpress. :)

    62. Menurut saya... sama saja.. keduanya membutuhkan posting artikel yang bagus.. saat ini saya menggunakan kedua duanya :) Peace

    63. wow, saya masih pake blogger sob.. kayanya mau orefer deh... nice info.....

    64. kevin says:

      klo ane sih pilih 22nya sob...
      nice post sob
      keep posting :)

    65. Dian says:

      Bagus ni infonya saya jadi tau.
      Apapun blognya tetap semanagat ngeblognya.. :)
      Keep Posting.

    66. Eddie Ss says:

      info menarik sob,
      kunjung balik ya, , ,

    67. sahrul says:

      mantep gan...
      info yang sangat berguna...

    68. suryadewa says:

      ijin komen di post yg ene kang ^_^ kalau saya sih ada 2 2 nya hehehe ... sama sama ada kelebihan dan kekurangan sih sob :)

    69. zen-zen says:

      Kalo saya blogspot aja deh, males nyettingnya lagi. trus gratis !

    70. kalo saya mending blogspot aja gan, setingnya lebih mudah gak ribet kayak di WP..walopun ane juga punya akun di WP namun jarang banget ane update blog ane yg di WP...
      Raseco

    71. Kalau saya pilih blogspot karena lebih gampang di otak - atik daripada wordpress standar nyel...tapi wordpress bagus klo pakai hostingan sendiri :)

    72. Fazri says:

      blogger selalu dihati

    73. wage says:

      blogspot ni ibarat nya anak kandunbgnya mbah google.klo wordpres ni anak tirinya mbah google.ya mesti pilih blogspot .
      thank`s for ur share.

    74. Yah kalau sekarang ini memilih dua duanya biar sama-sama merasakannya

    75. blogspot donk gann,,
      lebih enak dalam pengurusan gadget/template nya. .
      :D

      kunjungi saya juga yaaa,
      mkasih. .
      ^-^

    76. wah kalo disuruh milih, saya lebih memilih wordpress gan, cuma kaga kuat dananya buat sewa hosting :)

    77. kalo disuruh milih, saya pilih wordpress gan, cuma kaga kuat dananya buat beli hosting :)

    78. Raindra says:

      Wih mantep nih kang,tapi saya mah pilih blogspot dari pada wp soanlya blum bisa wp :D =))

    Leave a Reply